Senin, 27 Februari 2012

Ilmu Sosial Dasar

 
  • Pengertian Ilmu Sosial Dasar
Ilmu social dasar atau seringkali disigkat ISD merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang menelaah masalah-masalah social, khususnya yang diwujudkan oleh msayarakat dengan menggunakan pegertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social seperti sejarah, ekonomi, geografi social, sosiologi, antropologi dan  psykologi social (Harwantiyoko dan Neltje, 1997).
Ilmu sosialm dasar bukanlah hasil perpaduan dari ilmu-ilmu social yang lainnya karena masing-masing disiplin ilmu memiliki objek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan. Dengan demikian bukan berarti ilmu social dasar merupakan disiplin ilmu tersendiri. Hal ini dikarenakan ilmu osisal dasar tidaklah mempunyai objek dan metode ilmiah tersendiri. Selain itu, ilmu social dasar juga tidak mengembangkan suatu penelitian sebagaimana ilmu-ilmu social yang disebutkan diatas.
Ilmu social dasar merupakan studi yang dirancang khusus dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum mengenai konsep-konsep yang dikebangkan guna mengkaji gejala-gejala social agar mahasiswa mampu meningkatkan daya tanggap, presepsi dan penalaran dalam menghadapi lingkungan social sehingga lebih peka terhadap apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya.

  • Tujuan Ilmu Sosial Dasar
Dengan adanya ilmu social dasar, diharapkan mahasiwa mampu mencapai beberapa tujuan sebagai berikut berikut:
  • Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan social dan masalah-masalah social yang ada di lingkungan masyarakat sekitarnya.
  • Peka terhadap masalah-masalah social dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha untuk menanggulanginya.
  • Menyadari bahwa setiap masalah social yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat didekati dan dipelajari secara kritis-interdisipliner.
  • Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan mampu berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah social yang timbul dalam masyarakat di lingkungan sekitarnya.

  • Ruag Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Materi yang terdapat dalam ilmu social dasar terdiri dari masalah-masalah social. Dengan demikian, maka bahan pelajaran pada ilmu sosial dasar dapat dibedakan atas tiga golongan. Berikut ini merupakan ketiga golongan tersebut.
  1. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu. Untuk mempelajari kenyataan-kenyataan yang ada dalam masyarakat tersebut kita harus menggunakan pendekatan interdisiplin ataupun multidisiplin.
  2. Konsep-konsep social ataupun pengertian-pengertian mengenai kenyataan-kenyataan social dibatasi pada konsep dasar saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah social yang dibahas pada Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
  3. Masalah-masalah social yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan social yang saling berkaitan.
Adapun ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah menyangkut hal-hal seperti:
  1. Pertumbuhan penduduk dan hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
  2. Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
  3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
  4. Masalah hubungan warga negara dengan negaranya.
  5. Masalah pelapisan sosial (strata sosial) dan kesamaan sosial.
  6. Masalah masyarakat perkotaan danmasyarakat pedesaan.
  7. Pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi
  8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

Referensi:
Harwantiyoko dan Neltje F. Katuuk. 1997,  MKDU Ilmu Sosial Dasar, Jakarta: Gunadarma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar